Senin, 27 Juli 2009

Bahagiakah Anda ?

Bahagiakah Anda ???

Sebuah pertanyaan singkat yang mengena buat saya, Apakah saya bahagia? Kalau menurut saya saya sudah cukup bahagia dengan kehidupan saat ini, dengan menikmati semua yang saya terima dari Tuhan YME, tidak ada masalah yang menghinggapi sampai saat ini, bisa berbagi ceria dan Ide dengan teman-teman dan semua orang, Memiliki orang-orang yang peduli, merupakan hal-hal yang membuat hidup ini terasa menyenangkan dan mendatangkan kebahagian, Syukuri apa yang anda terima hari ini dan akan terdapat kebahagian disana.

Tetapi kita sering berpikir, orang lain, sahabat, kenalan, dan tetangga lebih berbahagia? Gampang dikatakan, mereka lebih berbahagia dan lebih baik. Kita dalam mengejar suatu impian untuk malah kita sering lupa bahwa kebahagiaan itu sebenarnya banyak tercecer dalam perjalanan kita dalam mencari kebahagiaan terkadang malah orang yang mengejar bahagia meraka sudah mengabaikan kebahagiaan itu sendiri. saat ini yang sudah tergerus dalam roda kapitalisme dan materalisme kehidupan selalu mengukur sebuah kebahagian dengan keberhasilan Mengumpulkan Materi yang banyak, sehingga orang dengan kejam saling sikut untuk mendapatkanya.

Saya pernah melihat suatu keluarga Office Boy walau hidup Pas-pasan begitu bahagia dengan keadaan yang dimilikinya, berkunjung kerumahnya begitu teduh dengan rumah RSS, terlihat banyak cinta, senyum dan bahagia disana, ketika pertama datang di depan pintu rumah anak-anak dan Istrinya menyambut dengan sapaan dan senyum "hore ayah pulang' sapa anak tersebut dan senyum terindah dari istri yang sholehah kepada suaminya, tidak ada kekesalan di raut mukanya, anaknya juga mengajak ayahnya membantu membuat mobil-mobilan dari kaleng susu bekas karena harga mainan anak saat ini tidak cukup untuk membelikanya.Cuma sebaliknya pernah juga saya diajak berkunjung kerumah seorang eksekutif muda perusahaan multi nasional dengan keadaan rumah yang serba lux, tapi ketika kami datang tak ada sambutan hangat, kemana sang anak? kemana sang istri? ternyata istri tak ada dirumah? sedang sang anak sedang asik dengan dunianya sendiri terlarut dalam permainan Video game nya. Kebahagiaan adalah kesederhanaan.

Di dunia ini, kita banyak menjumpai orang yang merasa tidak bahagia. Setelah ditelusuri, orang - orang tersebut memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa mereka merasa tidak bahagia.Ada yang mengatakan bahwa mereka tidak bahagia karena mereka selalu hidup dalam kekurangan, ada pula yang merasa tidak bahagia karena belum menemukan pasangan hidup yang tepat, ada pula yang tidak dapat menemukan kebahagiaan dalam keluarganya karena tidak adanya keharmonisan dalam keluarga tersebut. Atau dengan kata lain mereka tidak berhasil mendapatkan apa yang mereka dambakan atau impikan. Selain itu, kita juga banyak menemukan orang yang tidak pernah puas dengan apa yang telah diperoleh atau dimilikinya, sehingga apabila orang tersebut telah berhasil meraih sesuatu, ia tidak pernah sempat untuk menikmati kebahagiaan dengan apa yang telah diperolehnya itu dan kemudian membuat target baru untuk dicapainya, dan begitu seterusnya. Dan orang ini akan selalu merasa cemas apabila tujuan berikutnya tidak tercapai.

Hal lain mengapa manusia tidak dapat merasakan kebahagiaan adalah karena manusia cenderung untuk merenungi nasib buruk yang telah menimpanya dan tidak mau berbuat sesuatu untuk memperbaikinya. Mereka terlalu terpaku pada hal yang telah berlalu dan tidak dapat melupakan masa lalunya yang pahit. Padahal jika ia mau mencoba untuk keluar dari masa lalunya yang kelam, ia kemungkinan besar masih dapat menemukan kebahagiaan.Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah kecenderungan manusia untuk berbuat mengikuti kata hati dan hawa nafsunya yang sering menjerumuskan manusia ke dalam dosa dan menyebabkan manusia itu terjerumus dalam lembah kesedihan dan penderitaan.

Pernahkah berfikir bahwa anda adalah orang yang paling bahagia sedunia, cobalah berfikit seperti itu untuk meraih kebahagian hidup jangan selalu berfikir bahwa anda adalah orang yang termalang sedunia, hidup Bahagia adalah sebuah bentuk seni yang luar biasa Kebahagian terletak di hati anda, bukan di mata dan di nafsu anda. ada beberapa tips agar anda bisa bahagia

* Terima Kedaan jangan Selalu membandingkan
kita harus mulai belajar menerima keadaan. Sehingga kepercayaan diri juga dapat muncul. Kepercayaan diri ini berkaitan dengan keyakinan-keyakinan yang kita bangun dari dalam. "Tidak ada kehidupan yang paling indah dengan menjadi diri sendiri. Itulah kebahagiaan yang sebenar-benarnya", ketika kita mulai membandingkan maka disitulah kebahagian akan sirna.

* Selalu beryukur dan jangan mengeluh
Apapun yang anda terima saat ini hal yang pertama yang anda lakukan adalah mensyukurinya, karena anda masih memperolah sebuah kebaikan, walau keadaan kita masih jauh dari kita inginkan, maka syukurilah apa yang ada, baru kita berusaha untuk memperbaikinya. setiap Rasa syukur atas apa yang kita terima pasti akan mendatangkan kebahagian, dan sebaliknya setia kita mengeluh atas apa yang ada pada dirikita maka kebahagian akan menjauh.

* Cobalah Berbagi
Mengapa harus berbagi, dengan berbagi kita dapat menyadari kita memiliki sesuatu yang lebih, dan hal itu menuntunkita pada kebahagian, apakah orang kikir dan tidak pernah memberi akan bahagia? jawabnya adalah tidak dengan kikir kita akan selalu merasa menderita dan kekurangan bukan, sebaliknya memberi itu membuat kita merasa memiliki lebih dan dengan memberi kita bisa membuat jiwa kita bahagia dan orang lain bahagia, ternyata kebahagian itu bisa menular loh. orang-orang yang suka memberi akan memanen hasil-hasil yang diharapkan

* Bahagialah menjadi diri sendiri
Mengutip perkataan Jamaluddin Rumi,semuanya dikirim sebagai pembimbing kehidupan dari sebuah tempat yang tidak terbayangkan. "Tidak hanya orang cantik saja yang berguna, orang jelek juga berguna.Gunanya adalah karena orang jelek, orang cantik terlihat jadi tambah cantik. Jadi semuanya ada gunanya. Jadi bahagialah menjadi diri anda sendiri.

Banyak orang yang sukar untuk mendapatkan kebahagiaan karena mereka berusaha untuk mencari kebahagiaan semu, yaitu kebahagiaan yang dirasakan apabila mereka berhasil mendapatkan atau meraih sesuatu yang di luar dirinya. Sesuatu tersebut bisa berupa harta benda duniawi, ketenaran, nama baik, harga diri, kekuasaan, dsb.Apabila seseorang mendefinisikan kebahagiaan seperti ini, maka kebahagiaan yang didapat adalah kebahagiaan yang bersifat sementara. Biasanya kebahagiaan tersebut berlangsung dalam tempo yang singkat.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebahagiaan dapat digali dari dalam diri tiap-tiap pribadi. Apabila seseorang telah berhasil menemukan kebahagiaan yang ada dalam dirinya, maka orang tersebut akan selalu merasakan bahagia dalam hidupnya, apa pun yang terjadi dalam hidupnya.Kebahagiaan ini tercapai apabila kita dapat selalu merasakan ketenangan, kedamaian, dan keceriaan dalam segala situasi. Orang yang telah menemukan kebahagiaan dalam dirinya biasanya dapat selalu menerima kenyataan yang terjadi dalam hidupnya dengan besar hati.

Jadi apapun, siapapun anda, anda berhak untuk bahagia, dan kebahagian sejati tidak bisa di ukur dengan seberapa materi dan kesuksesan yang anda terima, karena materi tidak bisa membeli kebahagian. "Sumur kehidupan yang tidak pernah kering berada di dalam. Sumur ini hanya kita temukan dan kita timba airnya kalau kita bisa mengetahui diri kita sendiri," Seandainya diri sendiri telah ditemukan, maka artinya kita kemudian mengetahui kehidupan. Jadi sederhana untuk bahagia yaitu Terima, Syukuri dan nikmati kehidupan anda, maka anda akan bahagia. Jadi apakah anda Bahagia? Maka jawablah dengan tegas bahwa "Saya bahagia dengan keadaan saat ini"

" Materi sebesar apapun tidak akan bisa membeli kebahagian hati "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar