Senin, 10 Agustus 2009

Kisah Menarik : 3 Pilihan Buat Anda

(Bismillahir-rohmanir-rohiym)
RIDHO ALLAH VS RIDHO MANUSIA by Karunia, 15/08/1430 (06/08/2009)

Di bawah ini adalah tiga kisah dari tiga orang yang menjalani situasi dan keadaan yang mirip. Sebutlah nama ketiga orang itu dengan Fulan1, Fulan2, dan Fulan3. Ketiga Fulan akan menjalani keadaan awal yang disekelilingnya adalah orang-orang baik, tetapi kemudian keadaan berpindah menjadi dikelilingi orang-orang kurang baik. Berikut kisahnya:

*Kisah Fulan1*

Fulan1 adalah sosok demokratis tulen, selalu pandai bermusyawarah dan mengutamakan suara terbanyak. Dia dikelilingi oleh orang-orang baik, dilingkungan yang baik. Ketika waktu sholat, dia ikut berjamaah. Ketika masuk bulan Ramadhan, dia ikut berpuasa. Ketika ada majelis ilmu/ta'lim, dia ikut berkumpul. Kepandaian Fulan1 dalam berinteraksi dengan kawan-kawannya membuat dia disukai oleh siapapun. Ketika mereka mendapat masalah selalu dipecahkan bersama-sama, dan suara terbanyak adalah keputusan yg sangat
dijunjungnya.

Setelah serentang masa terlalui, pindahlah Fulan1 dalam situasi keadaan yang lain. Dia dikelilingi oleh orang-orang yang sangat giat bekerja. Prestasi adalah budaya sehari-hari, sukses adalah tujuan bersama kedepan, tim yang solid adalah gerak kekuatan. Dalam situasi ini Fulan1 mengalami kejayaan dunia. Goal demi goal tercapai bersama kawan-kawannya. Tetapi sayang, mereka mengesampingkan waktu-waktu khusus untuk Allah. Sholat adalah setelah makan siang dan meeting, dan tim yang solid selalu lebih utama. Fulan1 yang demokratis tentu mengikuti suara terbanyak, persatuan tim lebih penting, dan jangan sampai rusak hanya karena waktu sholat.

Serentang masa terlalui kembali, pindahlah Fulan1 dalam situasi keadaan lain lagi. Kesuksesan telah tercapai, gemilang prestasi menghias bagai bintang-bintang. Tim solid membuat ikatan kebersamaan menjadi kekuatan penggerak. Menyalahi aturan bersama adalah tabu, apalagi menentangnya. Keberhasilan yang diraih membuat mereka hidup dalam hegemoni duniawi. Apartemen mewah, mobil mewah, rekening bank yang penuh, wanita cantik. Tetapi ada yang hilang dari diri Fulan1, dia tidak lagi sholat, tidak berpuasa, tidak berzakat. Semua karena Fulan1 selalu berkompromi dengan kawan-kawannya, dan suara terbanyak selalu menjadi pemenang.

*Kisah Fulan2*

Fulan2 adalah sosok yang teguh pendirian, bila telah tertanam sesuatu dalam pikirannya maka dia akan membela sekuat-kuatnya. Dia dikelilingi oleh orang-orang baik, dilingkungan yang baik. Ketika waktu sholat, dia ikut berjamaah bahkan menjadi imam. Ketika masuk bulan Ramadhan, dia ikut berpuasa. Ketika ada majelis ilmu/ta'lim, dia ikut berkumpul. Keteguhan pendirian Fulan2 membuat kawan-kawannya segan untuk beradu pendapat. Bila ada sesuatu yang dia belum tahu maka dia sangat bersemangat untuk menggalinya, dan bila ada sesuatu yang bertentangan dengannya maka dia paling vokal dalam bersuara.

Setelah serentang masa terlalui, pindahlah Fulan2 dalam situasi keadaan yang lain. Dia dikelilingi oleh orang-orang yang giat bekerja. Prestasi adalah budaya sehari-hari, sukses adalah tujuan bersama masa depan, tim yang solid adalah gerak kekuatan. Dalam situasi ini Fulan2 mengalami kegamangan. Disatu pihak baginya kesuksesan adalah hal penting untuk diraih, dan disatu pihak Fulan2 tidak rela mengorbankan waktu-waktu khusus untuk Allah. Fulan2 yang tangguh mencoba menjalani keduanya dengan baik, penyeimbangan antara duniawi dan ukhrowi dilakoninya. Tetapi ada keretakan dalam tim, ketika timnya membutuhkan dia di suatu saat penting Fulan2 ternyata sedang sholat, ketika timnya sedang meeting makan siang disuatu tempat untuk meloby urusan bisnis Fulan2 ternyata sedang puasa. Terjadilah tumbukan-tumbukan antara Fulan2 dengan timnya.

Serentang masa terlalui kembali, pindahlah Fulan2 dalam situasi keadaan lain lagi. Fulan2 mencoba bertahan dalam karirnya yang tidak begitu bagus. Keyakinannya bahwa duniawi dan ukhrowi bisa berjalan bersamaan, membuatnya terus berusaha walau sering terjadi gamang dan galau. Kekuatan dari keteguhannya membuat Fulan2 bertambah kuat dalam menjalani kehidupan. Walau sering terbentur oleh rintangan, Fulan2 tetap superior bagi dirinya. Fulan2 adalah sosok hebat yang mampu membawa beban-beban berat bersamaan. Bahkan terlalu hebat untuk ditaklukan.

*Kisah Fulan3*

Fulan3 adalah sosok rendah hati dan rendah diri yang tidak ingin terlihat mencolok. Walau Fulan3 tahu bahwa kehebatannya melebihi banyak orang, tetapi dia tidak ingin memperlihatkannya. Dia dikelilingi oleh orang-orang baik, dilingkungan yang baik. Ketika waktu sholat, dia ikut berjamaah dan terkadang ditunjuk menjadi imam. Ketika masuk bulan Ramadhan, dia ikut berpuasa. Ketika ada majelis ilmu/ta'lim, dia ikut berkumpul. Kerendahan hati dan dirinya membuat Fulan3 tidak terlalu terkenal diantara kawan-kawannya. Bila ada kebaikan maka dia akan mendukungnya secara diam-diam. Bila ada keburukan maka dia akan menolaknya dengan tegas, tetapi tanpa perlu diketahui bahwa dirinyalah yang berbuat. Seluruh amalannya selalu berniatkan untuk mencapai ridho Allah, bukan dengan alasan selainnya.

Setelah serentang masa terlalui, pindahlah Fulan3 dalam situasi keadaan yang lain. Dia dikelilingi oleh orang-orang yang giat bekerja. Prestasi adalah budaya sehari-hari, sukses adalah tujuan bersama masa depan, tim yang solid adalah gerak kekuatan. Dalam situasi ini Fulan3 memilih untuk mengerjakan apa yang dia mampu dan meninggalkan apa yang tidak. Fulan3 tidak ikut dalam hal-hal penting dalam tim kerja, karena baginya semua itu hanyalah hal-hal semu yang tidak penting. Bagi Fulan3 ridho Allah jauh lebih penting dari segalanya. Ketika orang-orang sibuk bekerja, Fulan3 selalu ada dalam jamaah sholat yang pertama. Ketika orang-orang menikmati hidangan nikmat di tempat mewah, Fulan3 sedang menikmati keikhlasan sabar saat berpuasa.

Serentang masa terlalui kembali, pindahlah Fulan3 dalam situasi keadaan lain lagi. Fulan3 makin mantap dengan kualitas diri, dalam segala keadaan dia mampu mengetahui dimana posisinya dan kemana harus melangkah. Kawan-kawannya telah menjadi orang-orang sukses, yang keadaannya berbeda dengan Fulan3 yang hanya hidup sederhana tapi mencukupi. Fulan3 masih Fulan3 yang dahulu orang sederhana yang hanya mengharap ridho Allah. Dia tetap bertahan dengan pendiriannya walau selalu diejek, bahkan dicemooh. Amalan pribadinya diikhlaskan tanpa mengharap balasan pahala atau diketahui orang-orang. "Amar ma'ruf nahi munkar" tetap dijalani, dan selalu menyembunyikan jati dirinya agar tidak sombong ketika bertemu orang-orang. Dan dalam mengarungi kehidupan, Fulan3 mendapat jalan-jalan kemudahan yang dibukakan oleh Allah, karena Fulan3 hanya bergantung pada Allah, baginya, bila bukan Allah yang menolong maka tidak akan ada seorang manusiapun yang akan menolongnya. Segala urusan dan amalan selalu dikembalikan kepada Allah oleh Fulan3.

*Penutup*

Silahkan menarik kesimpulan dari tiga kisah di atas. Seorang yang hanya mengharap ridho Allah biasanya akan mendapat tentangan dari manusia lain, karena mengecilkan dari ridho manusia. Tetapi Allah akan mencukupi segala kebutuhannya, karena bila bukan Allah maka siapa lagi?

--
-------------------
Karunia
-------------------

Duhai Dzat Penggenggam Jiwaku, tundukkan wajahku bersama mereka yang Kau ridhai, hanya padaMu bariskan kami di belakang panji Al-Hamd dengan cahaya di dahi dan kaki kami

Tips Deteksi Dini Kompresi Menurun

Mesin dengan pembakaran dalam seperti dapur pacu sepeda motor, sangat memerlukan kompresi yang baik agar kerjanya sempurna. Kompresi bagus, membuat tendangan piston optimal ketika terjadi pembakaran di dalam ruang bakarnya. Nah, kalau kompresi ini menurun tentu kinerja tunggangan tak optimal. Ingin tahu kondisi kompresi mesin? Ada cara mudah mendeteksi, tanpa bongkar mesin, dengan mengetahui gejalanya.

ASAP HITAM
Baik mesin empat langkah maupun dua langkah memerlukan kompresi baik agar mesin bekerja sempurna. Nah, kali ini akan dibahas soal kompresi menurun pada mesin empat langkah.

Pada pistonnya, terdapat ring piston berupa ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi biasanya terdiri dari cincin dengan sisi padat sementara ring oli pada cincinnya terdapat lubang untuk mengalirkan oli ke dinding silinder. Nah, kompresi menurun bisa disebabkan oleh ring kompresi yang sudah aus.

Jika kompresi sudah menurun, akan terjadi gejala abnormal saat tunggangan dikendarai. Mungkin kalau jalan datar tidak terlalu terasa perubahannya, namun ketika digunakan di jalan menanjak cukup panjang, tentu akan terasa tenaga motor berkurang dari biasanya .

Hal ini disebabkan terjadi kebocoran dari tekanan yang seharusnya dibuat oleh piston pada kubah ruang bakar. Nah, ketika terjadi ledakan karena terpercik api dari busi, tak seluruh gas ledakan tersebut menekan piston kembali ke bawah, beberapa gas hasil pembakaran itu ada yang lolos langsung ke saluran buang, atau ke bagian bawah piston.

Menurut Ade Rahmat dari OSS di Jln Panjang, bisa juga dilihat dari businya, “Jika busi hitam , bisa jadi pertanda kompresi menurun, tentu disertai tenaga menurun,” ujarnya.

Begitu pun dari saluran buang, mirip settingan karburator kebanyakan bensin, asap hitam pun keluar dari knalpot. Namun bedanya, tak tercium bau bensin mentah yang umumnya terjadi kalau settingan terlalu banjir. Asap hitam, namun bensinnya sudah terbakar oleh busi, hanya tidak sempurna.

Coba juga mengengkol motor untuk menghidupkan mesinnya. Akan terasa lebih enteng, karena piston tak mendapatkan kompresi yang cukup kala diengkol.

Ketika kompresi sudah menurun, diengkol sekali saja tidak akan langsung membuat mesin menyala, mesti dicoba diengkol berulang-ulang.

Sumber : Otomotifnet.com

Tips Upgrade Honda Tiger Murah Meriah

Ada cara mudah untuk meningkatkan performa yang kerap dilakukan motormania. “Tambahkan saja ring pada per koplingnya. Maka per akan lebih memendek, efeknya gaya tekannya lebih besar, sehingga pengaruhnya sama dengan ganti per aftermarket,” terang Agung Wahana dari bengkel SARRT.

Ring yang dipilih setebal 2 mm. Biasa disebut ring per karena bentuknya mirip per dengan adanya potongan pada lingkarannya). “Tapi sebelum dipasang, ratakan ujungnya,” ungkap pria yang bengkelnya di Srengseng Kemanggisan, Jakbar.

Oh ya, untuk diameter ringnya samakan dengan per kopling bawaan motor. “Contoh saja untuk Honda Tiger pakai ring ukuran baut 14,” tambah pria biasa disapa Sinyo ini. Harga di pasaran paling mahal 1 buah Rp 1.000.

Letak pemasangan per ada di antara per dan penjepitnya. “Kalo di dalam, dikhawatirkan malah mengakibatkan slip, karena gerakan per jadi tak lancar,” wanti pria asli Yogyakarta ini.

Pertanyaannya, apakah benar hanya dengan modal tambahan ring dapat meningkatkan performa, terutama akselerasinya? Untuk membuktikan, kami uji pada Honda Tiger 1999 yang sudah hampir setahun belum ganti kampas kopling.

Pengetesan
Tes dilakukan mengukur akselerasi, dengan parameter 0 sampai 201 m, 0-60 km/jam dan 0-100 km/jam. Pengukuran oleh Mr. Testo yang berbobot 58 kg, menggunakan Racelogic buatan Performance Box .

Hasilnya sebelum ditambah ring, 0 sampai 201 m memerlukan waktu 7,4 detik. 0-60 km/jam 6,3 detik, dan 0- sampai 100 km/jam 14,1 detik. Karena lama belum ganti kampas kopling, tiap pindah percepatan terasa ada gejala slip kopling.

Setelah ditambah ring hasilnya mengejutkan. 0-201 m jadi hanya 6,8 detik. 0-60 km/jam jadi 5,7 detik dan 0-100 km/jam jadi 12,1 detik. “Gejala slip koplingnya jadi hilang,” urai Mr. Testo.

Kesimpulan
Meski hanya bermodal ring yang harganya tak lebih dari Rp 1.000, namun performa meningkat dari putaran bawah sampai atas. Ini terjadi karena tenaga yang hilang akibat slip kopling berkurang.

Terbukti ada peningkatan performa 0-201 lebih cepat 0,6 detik. 0-60 km/jam lebih singkat 0,6 detik, sedang 0-100 km/jam beda 2 detik. Secara keseluruhan akselerasi dari putaran bawah sampai atas meningkat

Sumber : Otomotifnet.com

Penyebab Motor Susah Langsam

Umumnya motormania, pasti pernah deh ngalamin yang namanya langsam tak beraturan di besutan kesayangan. Maksudnya, saat mesin keadaan hidup, suaranya terdengar turun naik alias enggak merata. Kadang tinggi, kadang rendah.

Penyebabnya? “Biasanya sih, dari posisi mata gigi sentrik ngaco, kabel cuk seret dan intake karburator bocor,” jabar Harris, mekanik bengkel resmi Suzuki di Jl. Panjang Kelapa Dua, Jakbar. Makanya, yuk, cek satu per satu, lalu perbaiki.

Mata Gigi Sentrik
Fungsinya sebagai patokan sistem kerja buka tutup klep masuk dan buang, agar tidak bentrok dengan piston atau batang klep bengkok. Lantas, bagaimana caranya biar aman?

“Setelah semua ‘jeroan’ mesin masuk, pastikan arah panah di gir keteng menghadap ke depan. Posisikan seher ada di atas dan kedua klep dalam keadaan tertutup dan ini namanya TMA (titik mati atas).

Triknya, ada empat tahap untuk mencari kompresi yang pas dengan memutar baut magnet, memakai kunci T-14 atau T-17 pada motor bebek,” ungkapnya.

Pertama, putar ke kiri 45 derajat, maka posisi klep in terbuka dan out-nya tertutup. Kedua, putar lagi 45 derajat ke kiri dengan kedua klep terbuka setengah, yang biasa disebut TMB (titik mati bawah).
Ketiga, putar lagi 45 derajat klep out akan terbuka dan in-nya tertutup. Terakhir, putar lagi 45 derajat, maka kedua klep tertutup. Posisi inilah yang paling pas mencari top kompresi .

Kabel Cuk

Terkadang, saat menghidupkan mesin di pagi hari kita suka menarik tuas cuk di setang kiri. Cara ini sering dilakoni agar proses pembakaran di ruang silinder lebih cepat. Tapi gimana kalau kabel cuk ogah balik?

“Artinya, kotoran masuk di sela-sela slang kabel. Ini juga bisa bikin langsam jadi ngaco. Cara bersihinnya mesti dilepas dulu kabelnya. Lalu ujungnya dibungkus plastik tapi tetap terbuka bagian atasnya seperti mangkuk. Kemudian diguyur dengan bensin,” tutur pria berkulit putih ini sambil mengocok turun naik kabelnya sampai enggak seret lagi.

Intake Karbu Bocor
Intake manifold atau leher angsa sebagai perantara karburator dan mesin. Tugasnya memperlancar campuran udara dan bensin di karbu menuju silinder mesin, agar proses pembakaran mesin lebih optimal.

“Cara ngetesnya, tutup aja settingan udaranya di karbu pakai obeng min, terus putar ke kanan sampai mentok. Kalau mesinnya tetap hidup berarti ada kebocoran di intake,” terangnya.

Ia pun menambahkan, ini bisa disebabkan karena sering bongkar pasang atau umurnya udah 3 tahun lebih. “Solusinya, ya harus diganti baru, enggak ada obatnya,” anjurnya.

Sumber : Otomotifnet.com

Mengidentifikasi Penyebab PC Susah Hidup

System komputer sering kali kita jumpai susah start pada saat dihidupkan. Pada dasarnya hal tersebut mudah diprediksi dan diatasi dalam beberapa langkah-langkah berikut :

1. Pertama kali check apakah windows terinstall dengan sempurna ataukah ada missing link (*.dll) yang disebabkan oleh shutdown yang kurang sempurna maupun disebabkan oleh virus.

2. Lepaskan processor dari socketnya dan pasanglah kembali dengan benar.

3. Check apakah fan processor terpasang dengan sempurna ataukah tidak.

4. Gantilah ram yang terpasang dengan ram baru yang sama FSBnya. Mungkin hal tersebut disebabkan karena tidak kompatibelnya ram tersebut.

5. Hardisk yang berisik dan suka menggantung(proses terus menerus) mungkin disebabkan oleh bad sector pada hardisk tersebut.

6. Beberapa kasus hal tersebut disebabkan oleh PSU yang tidak mampu mensupply tegangan yang dibutuhkan sehingga sering kali restart.

Sumber : A guide to Technology

Kenali Penyebab Over Heating Komputer

Beberapa penyebab komputer overheating adalah disebabkan hal-hal sebagai berikut :
1. Overclocking
2. Debu yang menempel di heatsink & fan processor
3. Aliran udara yang buruk
4. Jarak yang terlalu rapat antar komponen
5. Tidak sempurnanya kontak antara heat sink, thermal paste dan processor

memang menyenangkan memakai komponen high end dalam casing yang kecil, tetapi harus diingat komponen high end tersebut menuntut disipasi panas yang lebih baik dari kondisi standar. Dan jangan lupa untuk membersihkan casing dari debu minimal 4 bulan sekali. Contoh : Casing yang bagus adalah Cooler Master, iBall model Grabit & Gamer, Lian Li, dan mungkin yang murah meriah adalah Enlight.

Sumber : A guide to technology