Senin, 27 Juli 2009

Kisah Teladan : Abdul Rahman Bin Auf RA

Mungkin menurut sebagian orang judul artikel ini terlalu muluk untuk dicantumkan. Akan tetapi tidakkah anda mengetahuinya bahwa Allah maha kuasa atas segala yang terjadi di dunia ini?. Dan Allah pun sesuai prasangka hamba-hambanya. Hal yang diutarakan pada judul artikel ini benar-benar sudah terjadi. Kalian pernah mendengar tentang kisah Sahabat Nabi SAW, Abdurrahman bin ’Auf adalah salah seorang sahabat nabi yang dijamin masuk syurga. Ia pun dicatat dalam sejarah sebagai orang kedelapan yang pertama kali masuk Islam..

Abdurrahman
telah mengenal jalan ke surga. Oleh karena itu ia ingin memperolehnya dengan pemberian dan pengorbanan. Pemberian dan pengorbanan dengan seluruh harta dan jiwa raganya. Pengorbanan dengan jiwa raga adalah puncak dari segala kemurahan hati. Abdurrahman bin Auf juga seorang yang sukses dalam perdagangannya dengan mengikuti petunjuk-petunjuk Nabi SAW. Ia selalu menghiasi dirinya dengan adab sopan Islami sehingga Allah memberkahinya dan membimbing langkah-langkahnya.

Setelah menjadi orang kaya raya, Rasulullah SAW berkata kepadanya, “Hai Abdurrahman bin Auf, kamu sekarang menjadi orang kaya dan kamu akan masuk surga dengan merangkak (mengingsur). Pinjamkanlah hartamu kepada Allah agar lancar kedua kakimu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

Pesan-pesan Rasulullah SAW tersebut amat menyentuh hatinya, oleh karena itu sejak saat itu dia banyak beramal sodaqoh dan Allah melipat gandakan kekayaannya. Dia bersaing dengan Utsman bin Affan dalam membiayai pasukan Islam yakni dengan menyerahkan separuh dari kekayaannya kepada Rasulullah SAW.

Ketika menerimanya Rasulullah SAW berdo’a: “Semoga Allah memberkahimu dalam apa yang kamu tahan dan kamu berikan.” Dia juga berwasiat agar sejumlah besar uangnya diberikan kepada ummahatul mukminin (janda-janda Rasulullah SAW), sehingga Aisyah berdo’a: “Semoga Allah memberi minum kepadanya air dari mata air Salsabil di surga.”

Sungguh kisah Abdurrahman bin’Auf merupakan sebuah bukti bahwa ada sebuah rahasia kesuksesan untuk menjadi kaya raya dan mati masuk syurga. Dan semua itu telah dibuktikan oleh Sahabat Rasulullah Abdurrahman bin Auf.

Rahasia kesuksesan Abdurrahman bin Auf :

Pertama:
Wujud kecintaan beliau kepada Allah dan Rasulnya. Yaitu dengan mengikuti apa-apa yang diperintahkan Allah dan Rasulnya dan menjauhi segala larangannya tanpa membantahnya sedikit pun..

Kedua :
Berjuang dengan jiwa, raga dan harta demi kejayaan Islam.

Ketiga :

Banyak berinfaq dan bersedekah dijalan Allah tanpa ingin diketahui dan disebut-sebut pemberiannya. Ia hanya ingin berinfaq dan bersedekah hanya semata-mata karena Allah.

Seperti firman Allah SWT :

"Orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Rabb mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (QS. Al Baqarah: 262).


Imam al Qurthubi rahimahullah mengatakan, "Orang orang yang menyebut - nyebut pemberiannya biasanya dari orang yang pelit. Orang yang pelit selalu merasa besar dengan apa yangdiberikannya sekalipun sedikit!".


Keempat :

Menjalankan bisnis yang sesuai dengan aturan-aturan yang dicontohkan oleh Nabi dalam berbisnis.

Jadi apakah bentuk pernyataan dari judul di atas adalah merupakan sebuah mimpi?. Ini sudah terbukti dan bukan sebuah khayalan dongeng belaka. Kejadian ini betul-betul pernah terjadi pada zaman rasulullah SAW di muka bumi ini. Bagaimana dengan masa kini tentunya tidak ada yang mustahil bagi Allah asal menjalankan point-point di atas, Insya Allah judul tersebut tidak mustahil bagi Anda.

"Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka hal itu adalah baik sekali.. Dan jika kamu menyembunyikannya, dan kamu berikan kepada orang orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik lagi bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Baqarah: 271).

Review Performa Sinnob Gear Set

Anda mungkin sudah pernah mendengar, melihat atau membaca tentang gear set Sinnob yang terbuat dari poly urethane. Nah agar tidak penasaran, silakan dibaca artikel di bawah ini.

Seperti biasanya sebagai kelinci percobaan adalah honda cs1. Sekarang sudah 3 minggu ini sinnob nangkring di ban belakang. Dibeli dari seorang brother di forum HCST. Sorry tidak menampilkan nama beliau, takutnya beliau tidak berkenan. Bro ini langsung kirim ke kantor di bilangan tebet. Thanks bro…

REVIEW :
Seperti klaim produsen, motor jadi semakin nyaman karena rendah getaran dibanding kondisi standar cs1. Memang tidak salah pilih nih…Terus bagaimana performanya apakah ada kenaikan power/torsi ? klaim mereka untuk produk honda tiger ada kenaikan 2%~3% pada rpm 7000~8000 berdasarkan dinotest. Hasilnya : sulit dibuktikan karena untuk honda cs1 tidak pernah dilakukan dinotest oleh produsen. Secara subyektif, pada motor uji memang terasa lebih bertenaga pada rentang rpm di atas. Dan yang jelas getaran pada rpm tinggi bisa diminimalisir.

Bagaimana efeknya terhadap konsumsi bbmnya ???? Konsumsi bbmnya turun sekitar 8%~10% dari standar. Kondisi sebelum diganti sinnob, konsumsi per liternya = 50~54Km, sesudah dipasang sinnob konsumsi bbm turun menjadi 45,5~47,5Km/liter.

Bagaimana daya tahannya ???? Kita tunggu saja ya bro … semoga produk tersebut awet.

Bagaimana pemasangannya ? cukup mudah, hanya saja kondisi gear depan terpaksa harus dibalik, gara-gara ada tulisannya. Dugaan ini penyebab penurunan performa bbm/kmnya. Dan saran dari bro yang lain tulisan itu dikerok dan dipasang seperti originalnya. Saran saya untuk pihak produsen, sebaiknya sebelum dilempar ke pasaran produk tersebut harus dilakukan fit & proper test sehingga kejadian di atas tidak perlu terjadi. Anyway it’s worth for the money…….

Ayo maju terus Sinnob

Bahagiakah Anda ?

Bahagiakah Anda ???

Sebuah pertanyaan singkat yang mengena buat saya, Apakah saya bahagia? Kalau menurut saya saya sudah cukup bahagia dengan kehidupan saat ini, dengan menikmati semua yang saya terima dari Tuhan YME, tidak ada masalah yang menghinggapi sampai saat ini, bisa berbagi ceria dan Ide dengan teman-teman dan semua orang, Memiliki orang-orang yang peduli, merupakan hal-hal yang membuat hidup ini terasa menyenangkan dan mendatangkan kebahagian, Syukuri apa yang anda terima hari ini dan akan terdapat kebahagian disana.

Tetapi kita sering berpikir, orang lain, sahabat, kenalan, dan tetangga lebih berbahagia? Gampang dikatakan, mereka lebih berbahagia dan lebih baik. Kita dalam mengejar suatu impian untuk malah kita sering lupa bahwa kebahagiaan itu sebenarnya banyak tercecer dalam perjalanan kita dalam mencari kebahagiaan terkadang malah orang yang mengejar bahagia meraka sudah mengabaikan kebahagiaan itu sendiri. saat ini yang sudah tergerus dalam roda kapitalisme dan materalisme kehidupan selalu mengukur sebuah kebahagian dengan keberhasilan Mengumpulkan Materi yang banyak, sehingga orang dengan kejam saling sikut untuk mendapatkanya.

Saya pernah melihat suatu keluarga Office Boy walau hidup Pas-pasan begitu bahagia dengan keadaan yang dimilikinya, berkunjung kerumahnya begitu teduh dengan rumah RSS, terlihat banyak cinta, senyum dan bahagia disana, ketika pertama datang di depan pintu rumah anak-anak dan Istrinya menyambut dengan sapaan dan senyum "hore ayah pulang' sapa anak tersebut dan senyum terindah dari istri yang sholehah kepada suaminya, tidak ada kekesalan di raut mukanya, anaknya juga mengajak ayahnya membantu membuat mobil-mobilan dari kaleng susu bekas karena harga mainan anak saat ini tidak cukup untuk membelikanya.Cuma sebaliknya pernah juga saya diajak berkunjung kerumah seorang eksekutif muda perusahaan multi nasional dengan keadaan rumah yang serba lux, tapi ketika kami datang tak ada sambutan hangat, kemana sang anak? kemana sang istri? ternyata istri tak ada dirumah? sedang sang anak sedang asik dengan dunianya sendiri terlarut dalam permainan Video game nya. Kebahagiaan adalah kesederhanaan.

Di dunia ini, kita banyak menjumpai orang yang merasa tidak bahagia. Setelah ditelusuri, orang - orang tersebut memiliki alasan yang berbeda-beda mengapa mereka merasa tidak bahagia.Ada yang mengatakan bahwa mereka tidak bahagia karena mereka selalu hidup dalam kekurangan, ada pula yang merasa tidak bahagia karena belum menemukan pasangan hidup yang tepat, ada pula yang tidak dapat menemukan kebahagiaan dalam keluarganya karena tidak adanya keharmonisan dalam keluarga tersebut. Atau dengan kata lain mereka tidak berhasil mendapatkan apa yang mereka dambakan atau impikan. Selain itu, kita juga banyak menemukan orang yang tidak pernah puas dengan apa yang telah diperoleh atau dimilikinya, sehingga apabila orang tersebut telah berhasil meraih sesuatu, ia tidak pernah sempat untuk menikmati kebahagiaan dengan apa yang telah diperolehnya itu dan kemudian membuat target baru untuk dicapainya, dan begitu seterusnya. Dan orang ini akan selalu merasa cemas apabila tujuan berikutnya tidak tercapai.

Hal lain mengapa manusia tidak dapat merasakan kebahagiaan adalah karena manusia cenderung untuk merenungi nasib buruk yang telah menimpanya dan tidak mau berbuat sesuatu untuk memperbaikinya. Mereka terlalu terpaku pada hal yang telah berlalu dan tidak dapat melupakan masa lalunya yang pahit. Padahal jika ia mau mencoba untuk keluar dari masa lalunya yang kelam, ia kemungkinan besar masih dapat menemukan kebahagiaan.Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah kecenderungan manusia untuk berbuat mengikuti kata hati dan hawa nafsunya yang sering menjerumuskan manusia ke dalam dosa dan menyebabkan manusia itu terjerumus dalam lembah kesedihan dan penderitaan.

Pernahkah berfikir bahwa anda adalah orang yang paling bahagia sedunia, cobalah berfikit seperti itu untuk meraih kebahagian hidup jangan selalu berfikir bahwa anda adalah orang yang termalang sedunia, hidup Bahagia adalah sebuah bentuk seni yang luar biasa Kebahagian terletak di hati anda, bukan di mata dan di nafsu anda. ada beberapa tips agar anda bisa bahagia

* Terima Kedaan jangan Selalu membandingkan
kita harus mulai belajar menerima keadaan. Sehingga kepercayaan diri juga dapat muncul. Kepercayaan diri ini berkaitan dengan keyakinan-keyakinan yang kita bangun dari dalam. "Tidak ada kehidupan yang paling indah dengan menjadi diri sendiri. Itulah kebahagiaan yang sebenar-benarnya", ketika kita mulai membandingkan maka disitulah kebahagian akan sirna.

* Selalu beryukur dan jangan mengeluh
Apapun yang anda terima saat ini hal yang pertama yang anda lakukan adalah mensyukurinya, karena anda masih memperolah sebuah kebaikan, walau keadaan kita masih jauh dari kita inginkan, maka syukurilah apa yang ada, baru kita berusaha untuk memperbaikinya. setiap Rasa syukur atas apa yang kita terima pasti akan mendatangkan kebahagian, dan sebaliknya setia kita mengeluh atas apa yang ada pada dirikita maka kebahagian akan menjauh.

* Cobalah Berbagi
Mengapa harus berbagi, dengan berbagi kita dapat menyadari kita memiliki sesuatu yang lebih, dan hal itu menuntunkita pada kebahagian, apakah orang kikir dan tidak pernah memberi akan bahagia? jawabnya adalah tidak dengan kikir kita akan selalu merasa menderita dan kekurangan bukan, sebaliknya memberi itu membuat kita merasa memiliki lebih dan dengan memberi kita bisa membuat jiwa kita bahagia dan orang lain bahagia, ternyata kebahagian itu bisa menular loh. orang-orang yang suka memberi akan memanen hasil-hasil yang diharapkan

* Bahagialah menjadi diri sendiri
Mengutip perkataan Jamaluddin Rumi,semuanya dikirim sebagai pembimbing kehidupan dari sebuah tempat yang tidak terbayangkan. "Tidak hanya orang cantik saja yang berguna, orang jelek juga berguna.Gunanya adalah karena orang jelek, orang cantik terlihat jadi tambah cantik. Jadi semuanya ada gunanya. Jadi bahagialah menjadi diri anda sendiri.

Banyak orang yang sukar untuk mendapatkan kebahagiaan karena mereka berusaha untuk mencari kebahagiaan semu, yaitu kebahagiaan yang dirasakan apabila mereka berhasil mendapatkan atau meraih sesuatu yang di luar dirinya. Sesuatu tersebut bisa berupa harta benda duniawi, ketenaran, nama baik, harga diri, kekuasaan, dsb.Apabila seseorang mendefinisikan kebahagiaan seperti ini, maka kebahagiaan yang didapat adalah kebahagiaan yang bersifat sementara. Biasanya kebahagiaan tersebut berlangsung dalam tempo yang singkat.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebahagiaan dapat digali dari dalam diri tiap-tiap pribadi. Apabila seseorang telah berhasil menemukan kebahagiaan yang ada dalam dirinya, maka orang tersebut akan selalu merasakan bahagia dalam hidupnya, apa pun yang terjadi dalam hidupnya.Kebahagiaan ini tercapai apabila kita dapat selalu merasakan ketenangan, kedamaian, dan keceriaan dalam segala situasi. Orang yang telah menemukan kebahagiaan dalam dirinya biasanya dapat selalu menerima kenyataan yang terjadi dalam hidupnya dengan besar hati.

Jadi apapun, siapapun anda, anda berhak untuk bahagia, dan kebahagian sejati tidak bisa di ukur dengan seberapa materi dan kesuksesan yang anda terima, karena materi tidak bisa membeli kebahagian. "Sumur kehidupan yang tidak pernah kering berada di dalam. Sumur ini hanya kita temukan dan kita timba airnya kalau kita bisa mengetahui diri kita sendiri," Seandainya diri sendiri telah ditemukan, maka artinya kita kemudian mengetahui kehidupan. Jadi sederhana untuk bahagia yaitu Terima, Syukuri dan nikmati kehidupan anda, maka anda akan bahagia. Jadi apakah anda Bahagia? Maka jawablah dengan tegas bahwa "Saya bahagia dengan keadaan saat ini"

" Materi sebesar apapun tidak akan bisa membeli kebahagian hati "

Cinta Kasih Harus Disertai Kebijaksanaan

Suatu ketika di sore hari yang terasa teduh, tampak seorang pertapa muda sedang bermeditasi di bawah pohon, tidak jauh dari tepi sungai. Saat sedang berkonsentrasi memusatkan pikiran, tiba-tiba perhatian pertapa itu terpecah kala mendengarkan gemericik air yang terdengar tidak beraturan. Perlahan-lahan, ia kemudian membuka matanya. Pertapa itu segera melihat ke arah tepi sungai di mana sumber suara tadi berasal.

Ternyata, di sana tampak seekor kepiting yang sedang berusaha keras mengerahkan seluruh kemampuannya untuk meraih tepian sungai sehingga tidak hanyut oleh arus sungai yang deras.Melihat hal itu, sang pertapa merasa kasihan. Karena itu, ia segera mengulurkan tangannya ke arah kepiting untuk membantunya. Melihat tangan terjulur, dengan sigap kepiting menjepit jari si pertapa muda. Meskipun jarinya terluka karena jepitan capit kepiting, tetapi hati pertapa itu puas karena bisa menyelamatkan si kepiting.

Kemudian, dia pun melanjutkan kembali pertapaannya. Belum lama bersila dan mulai memejamkan mata, terdengar lagi bunyi suara yang sama dari arah tepi sungai.Ternyata kepiting tadi mengalami kejadian yang sama. Maka, si pertapa muda kembali mengulurkan tangannya dan membiarkan jarinya dicapit oleh kepiting demi membantunya.

Selesai membantu untuk kali kedua, ternyata kepiting terseret arus lagi.Maka, pertapa itu menolongnya kembali sehingga jari tangannya makin membengkak karena jepitan capit kepiting. Melihat kejadian itu, ada seorang tua yang kemudian datang menghampiri dan menegur si pertapa muda, “Anak muda, perbuatanmu menolong adalah cerminan hatimu yang baik. Tetapi, mengapa demi menolong seekor kepiting engkau membiarkan capit kepiting melukaimu hingga sobek seperti itu?”

“Paman, seekor kepiting memang menggunakan capitnya untuk memegang benda. Dan saya sedang melatih mengembangkan rasa belas kasih. Maka, saya tidak mempermasalahkan jari tangan ini terluka asalkan bisa menolong nyawa makhluk lain, walaupun itu hanya seekor kepiting,” jawab si pertapa muda dengan kepuasan hati karena telah melatih sikap belas kasihnya dengan baik. Mendengar jawaban si pertapa muda, kemudian orang tua itu memungut sebuah ranting. Ia lantas mengulurkan ranting ke arah kepiting yang terlihat kembali melawan arus sungai.

Segera, si kepiting menangkap ranting itu dengan capitnya. “Lihat Anak Muda. Melatih mengembangkan sikap belas kasih memang baik, tetapi harus pula disertai dengan kebijaksanaan.Bila tujuan kita baik, yakni untuk menolong makhluk lain, bukankah tidak harus dengan cara mengorbankan diri sendiri. Ranting pun bisa kita manfaatkan, betul kan ?”

Seketika itu, si pemuda tersadar. “Terima kasih, Paman. Hari ini saya belajar sesuatu.

*Mengembangkan cinta kasih harus disertai dengan kebijaksanaan. **

*Di kemudian hari, saya akan selalu ingat kebijaksanaan yang Paman ajarkan.” Pembaca yang budiman, mempunyai sifat belas kasih, mau memerhatikan dan menolong orang lain adalah perbuatan mulia, entah perhatian itu kita berikan kepada anak kita, orangtua, sanak saudara, teman, atau kepada siapa pun.

Tetapi, kalau cara kita salah, sering kali perhatian atau bantuan yang kita berikan bukannya memecahkan masalah, namun justru menjadi bumerang. Kita yang tadinya tidak tahu apa-apa dan hanya sekadar berniat membantu, malah harus menanggung beban dan kerugian yang tidak perlu.

Karena itu, adanya niat dan tindakan berbuat baik, seharusnya diberikan dengan cara yang tepat dan bijak. Dengan begitu, bantuan itu nantinya tidak hanya akan berdampak positif bagi yang dibantu, tetapi sekaligus membahagiakan dan membawa kebaikan pula bagi kita yang membantu.

Tips Upgrade Performa Motor Stage 1

Pertanyaan yang sering muncul bagi pemilik motor adalah “Bagaimana Meningkatkan Performa Motor Kita?” Sebagian ingin mendapatkan tarikan mesin yang yahud dan yang lainnya ingin mendapatkan top speed yang lebih tinggi dari kondisi standar. Atau mau yang lebih kerennya adalah kenaikan power dan torsi berdasarkan hasil dyno test.

Bagi yang lebih berpengalaman mereka mengacu pada standar upgrade performa. Biasanya dikenal dengan istilah “Stage”. Urutan dari yang biasa/terkecil adalah stage 1, stage 2 dan seterusnya. Sebelum mengaplikasikannya maka marilah kita bahas bersama tahapan-tahapan tersebut.

Hal-hal apa saja yang masuk kategori stage 1 adalah sebagai berikut :

1. Free breathing air cleaner (filter udara).
2. Free breathing exhaust (Freeflow).
3. Rejetted/Setel carburetor or remapped CDI.
4. Upgraded ignition/Pengapian (if require*).

Mayoritas stage 1 biasanya sudah dalam bentuk bolt on atau PnP. Jadi anda bisa melakukannya secara bertahap. Sambil melihat pengaruh atau effek dari penggantian part tersebut. Selain itu juga untuk mempermudah penelusuran jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

- Free breathing air cleaner. Cara upgrade termudah adalah dengan mengganti filter udara aftermarket. Dipasaran terdapat beberapa merek yang terkenal seperti K&N, Koso, TDR dan lain sebagainya. Tentunya semua itu tergantung budget anda. Moto : harga barang menentukan kualitasnya jelas sekali berpengaruh.

- Free breathing exhaust. Selanjutnya gantilah pipa pembuangan motor anda dengan produk freeflow/aftermarket. Di pasaran ada yang menjual silincer saja (slip on) ataupun full system. Contoh part slip on adalah silincer buat ninja 250cc. Dan bagi yang tidak ingin suara yang berisik bisa upgrade pipa pembuangannya dengan produk “Tsukigi” atau type silent. Dan badi yang full system banyak merek yang beredah seperti R9, Nob1, Yoshimura, DBS, CLD, AHRS, Ahau dan sebagainya. Tapi jangan lupa biasanya penggantian knalpot membutuhkan penyetelan ulang baik setelan karburator dan setelan anginnya. Jika tidak tepat biasanya knalpotnya suka nembak.

Rejetted carburetor or remapped CDI. Setelah napasnya bersih dan lancar maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan pasokan bbm yang stabil dan lancar. Karburator harus disetting ulang demikian juaga dengan cdinya. Silakan baca penyetelan karburator dan setelan angin motor di berbagai artikel di internet. Sedangkan remapping cdi dapat dengan mudah disesuaikan dengan berbagai merek CDI racing seperti BRT, XP, CP dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan karena ada perubahan dalam karakter mesin kita.

Upgraded ignition/pengapian*. tanda ‘*’ menunjukan bahwa hal tersebut tidak harus dilakukan. Tetapi sebaiknya dilakukan pembenahan mengacu pada perubahan yang telah dilakukan sebelumnya. Contoh : penggantian koil pengapian dengan type kompetisi/racing. Di pasaran banyak dijual berbagai macam merek seperti YZ125, RM250, Protect, Blue Thunder, XP dan lain sebagainya.

Jadi tidak sulitkan untuk mencapai stage 1. Untuk pemakaian sehari-hari upgrade stage 1 sudah cukup mumpuni buat anda. Silakan mencoba!!!

Referensi : whybike.com

Tips Motor Hemat & Kencang

Membaca judul di atas rasanya tidak mungkin terjadi karena bertolak belakang adanya. Tetapi di kenyataannya hal tersebut terjadi. Nah agar anda tidak penasaran maka berikut tips-tipsnya.

Seperti biasa yang jadi kelinci percobaan adalah motor kesayangan yaitu Honda CS1. Maklumlah bos, motornya hanya itu doang, Tidak seperti sebuah tabloid otomotif terkemuka yang bisa mempraktekan untuk beberapa macam merk/brand terkenal yang lainnya. Tapi dari hasil tersebut mungkin kalau dianalogikan dengan motor anda bisa jadi atau mungkin saja hasilnya mirip atau mungkin lebih baik lagi.

Motor sesuai pabrikan dengan spesifikan kompresi 10.7 :1 diisi pertamax. Mengapa pertamax kok bukan premium biasa ? Anda tentunya tahu bahwa dengan kompresi yang begitu tinggi maka minimal dia harus menenggak pertamax atau kalau mau bagus lagi pertamax plus. Konsumsi BBM adalah rata-rata 40 Km/Liter pertamax dengan bobot pengendara 54 Kg. Jadi bagaimana jika berat badan lebih besar ? Sudah barang tentu lebih kecil hasilnya. Dari forum HCST ada seorang brother dengan bobot 78 Kg, menggunakan pertamax plus didapat konsumsi BBM 38 Km/Liter. Nah dari sana bisa menjadi bukti bahwa berat badan pengendara berbanding terbalik dengan konsumsi BBM-nya. Semua metode pengukuran BBM seperti postingan pernah diulas dahulu.

OK, kita mulai tips pertama,

• Pergunakan Olie Encer, Penggunaan olie encer standar AHM brand Federal Prime Red 1 Liter. Didapat penghematan 10%, tepatnya dari yang standarnya 40Km/Liter melonjak jadi 45Km/Liter. Hanya saja ada efek sampingnya, mesin motor jadi cepat panas dan setelah jalan sejauh 600Km suara mesin terdengar kasar. Akhirnya diganti olie Motul 20W50 sekalian diisi nano energizer ke motor.
• Pergunakan CDI aftermarket. Dari berbagai komparasi CDI aftermarket disebutkan penghematan BBM yang lumayan signifikan. Akhirnya pilihan jatuh ke produk BRT dengan alasan penghematan hingga 20% di paking barangnya dalam kondisi setelah olie di motor berjalan 200Km. Selain itu alasan yang lain karena kualitas yang bagus dan sudah terbukti di ajang balap road race. Alasan yang lain adalah menggunakan standar koil dari pabrikan, sehingga lebih hemat biaya. Setelah terpasang, didapat rata-rata konsumsi BBM menjadi 51 Km/Liter. Dengan perincian pertama 3.01L = 159 Km dan kedua 2.18L = 110 Km. Total konsumsi BBM = 269 Km : 5.19Liter = 51,8 Km/Liter.
• Pergunakan busi Iridium, Engine Reconditioner & Booster Accu. Tahap selanjutnya berdasarkan data seorang brother di HCST dengan menggunakan busi iridium dalam kondisi touring luar kota di dapatkan konsumsi BBM 60Km/Liter. Ternyata spidometer sudah menunjukan lebih besar dari 5000Km. Nah saatnya mencoba busi iridium di motor kesayangan. Setelah puyeng mencari itu busi di Cibubur nggak ada, langsung tancap gas ke Otista di toko langganan. Setelah ditebus 90 Ribu sebuah, terpasanglah sang busi baru plus ditambah sebuah capacitor sebesar 10.000 mikro Farad. Setelah dicoba beberapa hari akhirnya didapat rata-rata konsumsi BBM adalah 64 Km/Liter. Hasil yang cukup mencengangkan. Tapi itulah kenyataannya dalam kondisi oli mesin masih baru. Perinciannya adalah berikut : Pengisian pertama 3.06 L = 194 Km, Pengisian kedua 3.2L = 201 Km dan Pengisian ketiga 2.6 L = 173 Km. Total Konsumsi BBM = 568 Km/8.86Liter = 64 Km/Liter. Dengan catatan motor berjalan di kecepatan maksimum 75KPJ dan selalu pindah gigi di RPM 4500~5500. Hasil yang cukup mencengangkan untuk ukuran route dalam kota antara Jakarta-Cikarang via Kalimalang. Di akhir pengisian BBM yang ketiga pernah dicoba digeber pada kecepatan > 80KPJ motor sering terasa brebet, kemungkinan campuran bensin yang memang diseting kering atau miskin.
• Rutin check mesin anda ke bengkel dan optimalkan system pengapian pada level busi Merah bata/Coklat. Akhirnya motor dibawa ke bengkel untuk servise rutin per 2000Km, dan setting dirubah menjadi lebih kaya dengan tujuan putaran atas agar tidak brebet/endut-endutan. Akhirnya konsumsi bbm turun lagi ke kisaran 50~54Km/Liternya.

Analisa Break Even Point :
Harga CDI Neo Dualband : Rp. 440.000,-
Denso Iridium IU24 : Rp. 90.000,-
Capacitor : Rp, 23.000,-
Nano Energizer : Rp. 70.000,-
Total : Rp. 623.000,-

Biaya Km/Liter (Sebelum) = 5500/40 = Rp. 137.5/Km
Biaya Km/Liter (Sesudah) = 5500/50 = Rp. 110/Km

Penghematan = 137.5 – 110 = Rp. 27,5/Km
Rata-rata Jalan perhari = 40 Km
Penghematan perhari = 40 x 27.5 = Rp. 1.100,-
BEP = 623.000 : 1.100 = 566.36 Hari atau kira-kira 2 tahun.

Tips Upgrade Performa Honda Fit (Hemat & Kencang)

Ganti karburator standar Honda Supra Fit X dengan bawaan Supra X125, bisa mendongkrak stamina. “Gak hanya itu saja, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit. Bila biasanya isi full hanya mampu bertahan 4 hari, sekarang hari ke-5 baru isi bensin lagi,” aku Yudi D, pegawai swasta pembesut Fit X yang tinggal di Depok dan bekerja di kawasan Jl. Radio Dalam, Jaksel.

Secara spesifikasi, venturi karburator Supra X125 memang lebih besar 1 mm dari Fit X yang berdiameter 18 mm. Bukan hanya di bagian itu saja, main jet dan pilot jet, lubang isap, serta diameter juga lebih besar.

Dengan spesifikasi tersebut, bukan tidak mungkin performa Fit X jadi terdongkrak saat mengaplikasi karburator Supra X125. Namun apa yang dirasakan Yudi terhadap besutannya, bisa saja hanya perkiraan saja. Nah biar gak hanya katanya, coba yuk melakukan pembuktian.

Untuk keperlan itu, alat peraga yang digunakan tentu Supra Fit X dan Supra X125 yang hanya diambil karburatornya saja. Agar lebih presisi, untuk performa alat ukurnya Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport di Jl. Cempaka Putih, Jakpus.

Punya Supra X lebih besar tetapi tidak berarti boros bensin
Tanpa penyetelan lebih dulu masing-masing karburator, digas pol sebanyak 3 kali di atas mesin ukur keluaran Amrik itu. Dan hasilnya, dengan masih menggunakan karburator standar performa Fit X berkutat di angka 7,09 dk/6.100 rpm dan torsinya 7,85 Nm/6.300 rpm.

Sementara dengan mengaplikasi karburator Supra X125, performa Fit X terdongkrak pada angka 7,53 dk/8.200 rpm. Untuk torsi maksium yang dapat dikais setelah ganti karbu sebesar 7,93 dk/8.200 rpm.

Tes dilakukan gak hanya untuk melihat performa yang bisa dihasilkan saja, lo. Selanjutnya dilakukan tes untuk melihat benar-benar jadi iritkah Fit X setelah ganti karbu? Metodenya pengetesan ini, dengan cara pakai langsung.

Rider yang melakukan uji coba kali ini berbobot 58 kg dan kecepatan motor dipatok 60 km/jam. Tiap karbu diberi kesempatan untuk menghabiskan 100 ml bensin yang ditempatkan pada tabung ukur.

Hasilnya dengan pakai karbu standar, Fit X mogok setelah menempuh jarak 6,2 km. Dengan karbu Supra X125, jarak bisa ditempuh jadi 6,6 km. Bila diasumsikan jumlah bensin yang diisikan 1 liter, maka jarak tempuh dengan karbu standar jadi 62 km dan pakai bawaan Supra X125 bisa sampai 66 km.

Kesimpulan
Melihat spesifikasi karburator kedua motor itu, tentu sudah bisa disimpulkan bahwa penggantian itu bisa bikin performa Supra Fit terdongkrak. Dengan spesifikasi yang semuanya lebih besar itu pula, ternyata membuat campuran udara dan bensin yang masuk ke ruang bakar lebih efisien. Dan efeknya, bahan bakar jadi lebih hemat.
dino suprafit

Sumber : Otomotifnet.com

Tips Tingkatkan Performa Windows Vista

“If you can’t make it good, at least make it look good.” Yang penting gaya. Kira-kira begitulah kalau ucapan Bill Gates ke diterjemahkan dalam bahasa kita. Pemilik nama lengkap William Henry Gates III kala itu menegaskan kalau orang ingin sesuatu yang mudah digunakan, enak dilihat. Makanya, itulah yang Microsoft berikan.

Kata-kata itu terbukti pada Windows Vista. Windows Vista hadir dengan tampilan yang jauh lebih menarik ketimbang pendahulunya, Windows XP. Siapa lebih cepat? Menurut hasil uji PCplus, komputer dengan Windows XP bekerja lebih baik. Tentu saja spesifikasi komputer untuk pengujian kedua sistem operasi sama persis dan keduanya dalam kondisi standar.

Windows Vista memang butuh spesifikasi yang tidak ringan. Bagi beberapa orang, spesifikasi yang diumumkan memang mengejutkan. Pun, dengan spesifikasi itu Windows Vista belum jalan optimal.

PCplus punya jurus-jurus buat mengoptimalkan Windows Vista buat yang terlanjur meninggalkan Windows XP. Satu atau dua jurus sepertinya tak efek. Tapi, ketika jurus-jurus itu disatukan ke dalam suatu paket “Combo” seperti paket-paket di fast food, lumayan terasa cepatnya. Buat gamer, boleh coba jurus-jurus yang bakal dibeberkan.

Mengatur Pembuatan Indeks
Windows Vista punya fitur yang bagus buat pencarian file. Windows Vista akan membuat indeks dari seluruh file yang ada dalam hard disk. Dengan pembuatan indeks ini, pencarian jadi cepat—jauh lebih cepat daripada pencarian tanpa indeks di Windows XP. Akan tetapi, seberapa sering orang mencari file? Kalau Anda jarang melakukannya, pembuatan indeks oleh Windows Vista jadi buang-buang “energi” komputer. Lebih baik, “energi” itu dipakai untuk kegiatan lain. Main game, misalnya.

Bisa saja sih pencarian file tetap cepat, tapi kinerja komputer tetap “oke”. Caranya, buat saja untuk indeks untuk folder dan tipe-tipe file tertentu saja. Kalau mau begitu, begini caranya. Buka Control Panel. Masuk ke Indexing Options. Klik tombol [Modify] lalu tentukan folder yang hendak diindeks. Klik [OK], lalu klik [Advanced]. Buka tab “File Types” untuk memilih tipe file.

Kalau fitur ini tak Anda butuhkan sama sekali, matikan saja. Buka lagi Control panel, lalu buka Programs and Features. Klik [Turn Windows Features On], lalu hilangkan tanda centang pada [Indexing Service]. Klik [OK], lalu restart Windows. Beri tanda centang lagi pada [Indexing Service] kalau pembuatan indeks hendak diteruskan.

Matikan Efek-efek
Vista tampil semakin indah karena Windows Aero. Sayangnya fungsinya mentok di situ dan Windows Aero ini butuh sumber daya yang tidak sedikit. Karena fungsinya cuma buat bagus-bagusan wajah, Windows Aero dimatikan pun tak akan muncul masalah, yang ada malah komputer lebih cepat.

Mau mematikan Aero? Ikuti caranya berikut ini. Klik kanan di daerah kosong di desktop, terus klik [Personalize]. Habis itu, klik [Theme]. Pilih [Classic Look of Windows] dan Windows Aero pun dinonaktifkan.

Kalau Anda ingin tetap pakai tampilan Windows Vista namun tanpa Aero, klik [Windows Color and Appearance]. Hilangkan tanda centang pada [Enable Transparency]. Masih di jendela yang sama, klik [Effects] dan hilangkan setiap tanda centang pada setiap pilihan.

Kebut Start-up
Saat Windows mulai, berbagai program dijalankan. Program itu dimasukkan pada daftar start-up. Sebuah situs web menyebutkan kalau start-up ini adalah pedang bermata dua. Di satu sisi, program yang dijalankan saat start-up bisa membuat program lain dibuka dengan cepat. Di sisi lain, waktu yang digunakan Windows untuk siap digunakan jadi lebih lama. Juga mengurangi jumlah memori yang bisa dipakai oleh program lain.

Kita tentu saja bisa menghapus program dari daftar start-up. Program yang dimatikan tentu saja program yang kita rasa tak perlu. Kita bisa mulai mengurangi daftar program start-up dengan menghapus shortcut program dari menu Startup di menu Start. Klik logo Windows untuk mengakses menu Start, cari submenu Startup, lalu klik kanan pada shortcut program, klik [Delete].

Tidak semua program yang jalan saat start-up didaftarkan di menu Start. Beberapa program ngumpet di registri. Jalankan Registry Editor. Masuklah ke HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionRun. Lihatlah daftar program yang ada di sebelah kanan. Hapuslah yang Anda anggap tidak diperlukan. Jangan keburu nafsu dengan menghapus semua. Ada program yang jelas Anda perlukan. Antivirus misalnya.

Masuk juga ke HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRun. Periksalah apakah ada program lain yang bisa Anda hapus juga.

Genjot Kinerja Hard Disk SATA
Untuk memastikan hard disk SATA memberikan kecepatan terbaik, kita harus utak-atik sedikit pengaturan di Device Manager. Sekadar tahu saja, secara teori koneksi SATA memiliki kecepatan sampai 300MB per detik. Kecepatan hard disk-nya sendiri umumnya baru mencapai sekitar 120MB per detik.

Buka Device Manager dengan membuka menu Start, isikan “devmgmt.msc” lalu tekan [Enter]. Pada daftar perangkat keras yang ditampilkan, klik ganda pada [Disk drives] untuk melihat menu di bawahnya. Setelah itu, klik ganda pada hard drive Anda. Klik tab [Policies]. Beri tanda centang pada [Enable advanced performance].

Sedikit catatan untuk tips yang ini. Ada risiko tatkala opsi ini dihidupkan. Risikonya adalah kehilangan data ketika komputer dengan tiba-tiba putus hubungan dengan listrik.

Rawat Hard Disk
Penting nih merawat hard disk. Bukan merawat secara fisik saja. Membuang file dan program yang tidak Anda pakai lagi pun termasuk merawat hard disk. Hard disk yang dipenuhi oleh file dan program bisa membuat kerjanya tak maksimal.

Berikut adalah cara membersihkan hard disk dari file sisa-sisa berinternet, program yang sudah dihapus, file sementara, dan beberapa file yang sudah tak diperlukan. Buka menu Start lalu masuk ke [All Programs] > [Accessories] > [System Tools] > [Disk Cleanup] atau dengan buka menu Start dan ketikkan “Disk Cleanup” di kotak pencarian lalu tekan [Enter].Pilih drive yang akan dibersihkan, lalu klik [OK]. Hard disk bisa dibersihkan lebih lanjut dengan mengklik tab [More Options] dan mengklik dua tombol untuk membuang peranti lunak dan file System Restore yang tidak diperlukan.

Defrag juga bisa dilakukan. Klik menu [Start] lalu masuk ke [All Programs] > [Accessories] > [System Tools] > [Defragment].

Atur “Page File”
Windows Vista punya sistem “page file” yang sangat baik. Sekadar info singkat, page file adalah berkas untuk menyimpan file yang tidak cukup diletakkan di memori utama. Page file itu lokasinya ada di hard disk.

Page file di Windows Vista sudah dibuat agar ukurannya kecil sehingga tidak memakan kapasitas hard disk. Soal ukuran file ini tak usah dibahas. Yang perlu kita bahas adalah lokasi page file. Kalau Anda punya dua hard disk, cari tahu hard disk yang lebih cepat. Nah, atur agar “page file” ditaruh di hard disk itu. Kalau pun kedua hard disk Anda berkecepatan sama atau Anda malah hanya punya satu hard disk, “page file” baiknya ditaruh di partisi yang berbeda dengan partisi Windows.

Caranya? Begini. Kalik kanan [Computer] terus klik [Properties]. Klik [Advanced System Settings] yang ada di sebelah kiri. Klik tab [Advanced], klik tombol pertama dari tiga pilihan yang muncul. Masuk ke tab [Advanced]. Klik tombol [Change] dan hilangkan tanda centang pada [Automatically manage paging file size for all drives]. Klik [Set]. Kemudian, pilih drive C dan klik [No paging file]. Sekarang, pilih drive lain yang hard disk-nya lebih cepat atau partisi lain selain Windows. Pilih [System managed size], lalu klik [Set], dan [OK].

Pakai ReadyBoost
Cara paling efektif untuk memperbaiki kinerja Windows adalah dengan menambah memori. Mahal, kan menambah memori? Kalau Anda merasa begitu, ada cara yang lebih murah. Menambah memori bisa dengan USB flash disk yang sekarang ini sudah ada di saku Anda.

USB flash disk bisa Anda pakai untuk menambah memori. Anda juga bisa pakai media penyimpanan lain asal pakai koneksi USB. Perlu diketahui, penambahan kinerja enggak bakal sebanyak kalau Anda menambah memori “beneran”.

Fitur Windows Vista untuk itu adalah ReadyBoost. Colok USB flash disk atau media penyimpan lain. Ketika jendela autoplay muncul, pilih [Speed yp my computer]. Kalau saja autoplay Anda tidak aktif, Anda bisa menyalakan ReadyBoost dengan mengklik kanan pada drive USB flash disk, kemudian klik [Properties]. Klik tab [ReadyBoost]. Pastikan pilihan [Use this device] sudah terpilih. Kemudian, tentukan kapasitas yang hendak digunakan untuk ReadyBoost dengan memindahkan papan geser.

Stop Periksa Sisa Kapasitas Hard Disk
Balon-balon informasi yang muncul di pojok kanan bawah yang memberi tahu kalau sisa kapasitas hard disk sudah mau habis bisa mengganggu. Lagipula, balon-balon itu sudah pasti memakai tenaga dari komponen yang ada. Memang tak banyak sih tenaga yang dipakai sehingga mematikan fungsi ini pun tak akan meningkatkan kinerja komputer secara signifikan. Tapi, lagi-lagi PCplus beri tahu kalau trik kecil ini dikombinasikan dengan trik lainnya, (siapa tahu) peningkatan kinerja lebih terasa.

Jalankan Registry Editor. Masukke: HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesExplorer. Setelah itu, klik [Edit] > [New] > [DWORD (32-Bit) Value]. Beri nama “NoLowDiskSpaceChecks”. Klik ganda pada DWORD value yang baru itu, lalu isikan nilainya dengan “1”.

Setelah itu, masuk ke HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerAdvanced. Cari DWORD value bernama “EnableBalloonTips”, “FolderContentsInfoTip”, dan “StartButtonBalloonTip”. Kalau DWORD value itu tak ada, buat saja. Caranya seperti pada paragraf kedua trik ini. Kemudian isikan nilainya dengan “0”.

Sumber : Tabloid PC Plus Online