Senin, 20 Juli 2009

Tips Reparasi Lampu Sein Tiger Revo

Bikers penyemplak Honda Tiger Revo yang pernah jatuh atau motornya roboh saat diparkir, pada bagian yang terbentur pasti rusak. Salah satu korbannya yang cukup parah adalah sein, karena posisinya nongol keluar.

Karena mengalami benturan, peranti kedip itu pun jadi abnormal. Maksudnya, antara karet dan badan sein terlihat tidak menyatu lagi, jadi terlihat agak bengkok. Ngeselin, kan?

Untuk mengembalikan bentuknya agar lurus seperti semula, sebenarnya mudah. Tapi gak semua motormania mengerti caranya. Maklum, ini peranti kecil yang jarang diperhatikan pemilik kuda besi. Padahal kalo dicuekin, lalu alat ini tak berfungsi normal bisa memicu petaka, lo.

Untuk itu, demi menghindari yang tak diinginkan, mending kita perbaiki. Caranya, mari kita minta bantuan Anto dari bengkel Trigger yang beralamat di Jl. Duren Tiga Raya No.35, Jaksel.

Menurut mekanik pendiam ini, triknya lumayan sederhana. “Intinya lurusin lagi pelat yang ada di dalam karet sein,” jelasnya. “Alat kerja yang dibutuhkan pun hanya kunci pas 10, tang, obeng plus dan obeng min,” tambah mekanik yang bengkelnya dijadikan tempat nongkrong anak klub Tiger ini.

Berikut cara kerjanya, pertama lepas mur pengikat sein pakai kunci pas 10, lokasinya di dalam sepatbor. Lalu lepas sambungan kabel di bawah jok, “Sein kiri warna kabelnya oranye, sedangkan kanan biru muda. Lalu negatifnya, sama-sama hijau,” ungkap Anto.

Setelah itu lepas sein dari tempatnya dengan menariknya keluar. Kalau sudah, ambil obeng plus untuk melepas baut pengikat badan sein yang berada di lubang di mana kabel keluar.

Kalau baut sudah lepas, pisahkan karet sein dari badannya. “Nah di dalam karet sein itu ada pelatnya, keluarkan pakai obeng min. Ketahuan kan kalau bengkok? Sekarang, tinggal luruskan pakai tang,” sambungnya . kemudian rangkai kembali seperti semula.

Kalau sudah selesai dirakit, tinggal dipasang di motor dengan langkah kebalikan dari semula. Mudah dan praktis, kan? Dari pada beli baru sebiji dihargai Rp 85 ribu!

Sumber : Otomotifnet.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar