Walaupun udah berkali-kali ngebangun CS1 150cc, tapi belum pernah sekali pun aku tulis di blog ini.
Aku tulis kisah yg terakhir ajah yah..
Awalnya, ada temen minta CS1 dibikin kencang… Aku saranin untuk tahap awal kita maen standar dulu ajah… Setelah itu baru tahap 1__ hehhee
Langsung buka silinder head, lepasin piston… Kita mulai bersihkan piston sampe bersih seperti baru__ hehheeee rajin amat yah..
Lalu buka kedua klep, bersihkan area neck, daun serta cek kebocoran klep… Biar mantaf kita skir klep biar yakin kompresi tidak bocor…
Udah selesai, skir klep… Sekarang nyari part racing per klep… Nelpon sana sini.. Barang kosong__ ada pula merek thailand… Aduh gk deh… Trauma pernah hancur tuh per klep berkeping keping__
Alhasil, tetap pake per klep standar, cuma di ganjal ring tembaga 1mm biar gk floating_ rpm floating bisa naek lebih tinggi… Lagian CDI kan masih limiter…
Tak lupa, silinder head kena papas 0,5mm…
Pasang pasang pasang___
Isi air radiator dengan AHM coolant, air radiator resmi Honda, karena ada anti karat dan anti beku…
Sip, selesai dah bagian atas_
Ups, tiba tiba si pemilik pengen ganti karbu– hmmmm
Sip..
Tek tek tek__ kita buka kalter kanan_ lepas kampas kopling beserta per nya__
Kanan beressss_
Sekarang isi olie mesin, pake produk arab biar afdol… Sae 20w50 dengan api service SL semi sintetic.
Knalpot masih std koq… Seting karbu, ketemu deh… Putaran air screw sebanyak 1,5..
Coba di jalan… Wushh__ nikmat kata si pemilik, ginian ajah udah bikin panas motor laen, apalgi kalo dimodif lanjut… Bisa menggigil.
Nah, setelah bosen tahap awal… Sekarang lanjut tahap 1.
Si empunya motor minta ganti CDI pake Rextor programmable kayak CS1 ane yg dulu__ tapi ane tahan.. Mending maen mesin dulu.. Ntar kalo dah bosen baru maen listrik__ oke anak anak____
Langsung ajah, cesi kembali ke markas HKU Racing Surabaya___
Kali ini langsung STROKE UP__
Mesin naik lagi ke rangka, pasang baut body 3 biji… Ngekkk…. Selesai 50%…
Sekarang saat nya setting top piston…
Posisi top piston sengaja gk di naikin lebih, cukup diposisikan sedikit lebih rendah dari awalnya, yaitu piston turun dari bibir silinder 1mm. Ini ajah dah besar koq rasio kompresinya.
Itung2 rantai mesin, ketemu rantai mesin alias kamprat tiger yg cocok dgn design tahap 1 ini…
Menunggu paking jadi 2hari, iseng iseng si supri di idupin, setelah setting terakhir yg memutuskan setang seher nya___ yah daripada nganggur_
daraaaaa___ cling.. CS1 150cc di depan mata..
Knalpot kena jarah tukang las biar lebih plong__ kan CC dah gede, saluran buang kudu gede juga kan…
Top dah…. Padahal cuma naek stroke aje… Next plan_ pasang cam custom by HKU Racing, porting… Ato malah pasang Silinder block and head CBR150cc___ kayak si ketan ireng gue….
Salam, HKU Racing Surabaya
Liat judul nya ajah dah menakutkan… CS1 180cc,??? Standar 125cc koq bengkak jadi 175,6cc tepatnya…
Huahahaaaahaa, nikmat…
Ini adalah paket lanjut dari CS1 150cc…
Bore up and stroke up___
Bore up pake piston suzuki satria fu diameter 62mm dan stroke 58,2mm..
Sedangkan standar CS1 yang hanya berdiameter 58mm dan stroke 47,2mm
Woowww… Mantap….
Pengerjaan tak ada masalah di bengkel hku-racing… dipasang pula klep Honda Tiger berdiameter 31in dan 27 ex…
Porting ulang in-ex, akhirnya ketemu kombinasi spuyer 45 slowjet dan 130 mainjet. Hmmmm___
Mau pasang CDI rextor adjustable… Ups… Tahan dulu…
Nikmati saja dahulu CS1 180cc street performance by hku racing…
sumber: cs1team.blogspot.com
Mantep staaaah tulisannya bikin greget bacanya😆 lanjutkwn karyamu mastah, salam dari cyser pekalongan 🤘🏼
BalasHapus