Jumat, 09 Oktober 2009

Review Olie Synthectic Fastron 10W40 Untuk Motor

Semula berpikir hanya menggunakan olie rekomendasi pabrikan, tetapi hasil yang didapat kurang menyenangkan (jangan dipermasalahkan ya…semua pengguna CS1 pasti tahulah J). Akhirnya mengadakan riset kecil-kecilan tentang olie buat motor CS1. Tujuannya adalah mendapatkan performa terbaik di rentang harga kurang dari 60 ribuan. Memang di beberapa forum banyak menganjurkan penggunaan olie Motul 5100 Ester(wah kantong bisa bobolnich) , tapi harganya yang mahal walaupun kualitas tidak diragukan. Dirange harga tersebut ada beberapa nama yang direkomendasikan oleh forum-forum komunitas seperti Shell Advance VSX, Castrol, BM1, Motul 3100 dan Enduro Racing. Tetapi jarang yang menyarankan menggunakan Fastron. Olie Fastron ini terdiri dari 3 macam yaitu : Forced Synthetic(10W40), Synthetic (10W40) dan Full Synthetic (5W30). Dan yang digunakan adalah Synthetic (10W40)

Sedangkan yang sudah saya gunakan adalah Federal Ultratech 20W50, Federal Supreme XX 20W50, Federal Prime Red 10W30, Motul Multipower 20W50, Motul 15W50, Motul 3100 15W50, Fastron 10W40 Synthetic dan MPX1. Kalau dibikin kategori maka akan muncul 2 kategori olie berdasarkan harga yaitu :

  1. Harga kurang dari 40Ribu yang diwakili oleh semua Olie Federal dan MPX1, sedangkan yang belum dicoba adalah Enduro & Enduro Racing
  2. Harga antara 40Ribu sampai 60Ribu yang diwakili oleh Motul dan Fastron.

Nah pada kesempatan ini akan direview olie Fastron synthetic 10W40. Sebelum menggunakan Fastron, motor selalu pakai olie Motul dari multipower terus berganti ke Motul 3100 yang sudah mendapat lisensi JASO MA. Semua olie motul mempunyai bau yang khas. Bau tersebut tidak tercium pada saat menggunakan olie Federal. Tetapi tercium pada saat menggunakan olie Fastron. Seketika muncul dugaan wah mungkin oli ini paling tidak sekelas dengan Motul 3100 atau Multipower. Kenapa begitu ? Karena harganya dan baunya kok sejenis atau ada kemiripan.

Pada saat dipakai motor terasa ringan mirip karakter Federal Prime Red. Hanya saja tarikan terasa halus sehingga motor mudah dikendalikan. Setelah kilometer ke 300 tarikan terasa agak berat, tetapi tidak berlangsung lama. Sampai pada kilometer ke 1000 olie dicheck fisik masih terlihat Kuning bening. Sedangkan pada Motul 3100 dan Multipower sudah mulai terlihat agak kuning gelap walaupun tidak berpengaruh terhadap performanya. Artinya olie Fastron ini belum mengalami degradasi material.

Pada kilometer 1500 pun motor masih sangat nyaman digunakan seperti pada saat pertama kali dituang. Hmmmm hebat juga nih olie, kagak rugi dech kalau begini. Hanya ada perubahan suara mesin yang agak kasar sedikit. Ketika dicheck fisik, olie mulai berwarna lebih gelap, tapi mirip warna olie Motul pada saat di Kilometer 1000.

Di kilometer 2000 dicheck ulang fisik olie sudah kelihatan hitam kekuningan tetapi performa tetap maknyuusss walaupun suara rada kasar dikit. Estimasi olie sanggup bertahan sampai kilometer 3000. Dan pada kilometer 2600 olie Fastron diganti karena mau mencoba olie rekomendasi pabrikan yang lain yaitu MPX1. Kondisi olie hitam sempurna dan kalau dilihat dicahaya yang terang masih kelihatan lapisan kuning di lapisan teratasnya. Performa masih nyaman. Estimasi masih bisa bertahan minimal 200 kilometer lagi.

Pada akhirnya olie ini rekomended sekali meskipun belum sertifikasi JASO MA, perpindahan gigi sempurna, tarikan halus dan cukup responsif seperti olie 10W30, performa mantap dan yang terakhir produksi dalam negeri. Semoga banyak brother dan sister yang beralih ke Fastron bukan karena hanya cinta tanah air tapi memang performanya bisa diandalkan. Nggak percaya ? Silakan dicoba.

(Di lain kesempatan akan dibandingkan range harga olie kisaran 40 Ribuan)

4 komentar:

  1. buaknnya fastron buat mobil gan...?

    BalasHapus
  2. motor sy yamaha byson pake fastron diesel 15-40 bagus jg bwt mesin motor gk ada masalah.. apalagi klo sudah service besar langsung pake oli tersebut.. menurut pengalaman saya plusnya
    1.getaran mesin halus
    2.perpindahan gigi lancar n halus
    3.tarikan atas enteng
    4.kopling gk ada masalah
    5.apa lagi ya..pemakaian perhari
    kr2 30-50km x 1bln gk ada mslh
    untuk minusnya:
    1.bbm boros dikit
    2.tarikan awal berat wajar kentel
    olinya
    3.baru itu yg saya alamin pemakaian oli 7bln 25 hari per 1 bulan ganti oli..jarak tempuh per bulan kr2 1200-1500km.

    BalasHapus
  3. motor sy yamaha byson pake fastron diesel 15-40 bagus jg bwt mesin motor gk ada masalah.. apalagi klo sudah service besar langsung pake oli tersebut.. menurut pengalaman saya plusnya
    1.getaran mesin halus
    2.perpindahan gigi lancar n halus
    3.tarikan atas enteng
    4.kopling gk ada masalah
    5.apa lagi ya..pemakaian perhari
    kr2 30-50km x 1bln gk ada mslh
    untuk minusnya:
    1.bbm boros dikit
    2.tarikan awal berat wajar kentel
    olinya
    3.baru itu yg saya alamin pemakaian oli 7bln 25 hari per 1 bulan ganti oli..jarak tempuh per bulan kr2 1200-1500km.

    BalasHapus
  4. Pingin lebih halus lagi, fastron dicampuri minya goreng

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/10/25/membandingkan-pemakaian-oli-diesel-di-motor-dengan-minyak-goreng-sebagai-aditif-oli-lebih-sesat-mana/

    BalasHapus