Motormania tentu sudah tidak asing lagi dengan part yang sering disebut coil booster (CB). Namun akan sedikit asing dengan yang namanya booster accu (BA). Ya, ini merupakan produk anyar yang belum terlalu banyak beredar di pasaran.
Fungsi utama BA yakni untuk menyetabilkan suplai arus listrik ke pengapian dan rangkaian kelistrikan, terutama tunggangan yang berpengapian DC, sehingga suplai pengapian di ruang bakar lewat busi tetap besar dan maksimal.
Kegunaan lain part ini hampir mirip CB, di mana oleh produsennya juga diklaim bisa meningkatkan performa tunggangan dan bikin irit konsumsi BBM. Namun pemasangan peranti ini pada aki bukan koil.
Nah agar ada gambaran jelas seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja besutan, Tim OTOMOTIF akan melakukan pengujian alat tersebut pada Suzuki Satria FU yang sudah mengusung pengapian DC dan pasang knalpot free flow.
Eits, sebelum melihat hasil tes. Sebaiknya kenali dulu ketiga BA yang akan diuji ini. Di antaranya ada EXR, TDR dan DC Booster.
“Meski awal dipasang sudah bereaksi, tapi akan lebih terasa kalau sudah dipakai jalan sekitar 2-3 hari,” ujar Eric, penggawang GS. Telp. 021-5482973.
Masih kata Benny. “Kalau alat mau dipindah ke motor lain, usahakan masing-masing ujung kabel jangan sampai bersinggungan, karena akan mengakibatkan terbakarnya komponen.”
Kemudian tes yang kedua untuk mengetahui seberapa besar penambahan akselerasi, digunakan alat Racelogic yang selanjutnya motor digeber sekenceng-kencengnya untuk memperoleh waktu paling ce¬¬pat dalam me¬¬nempuh jarak tertentu.
Yuk lihat hasilnya. Pada tes konsumsi BBM, se¬belum tunggang¬an dipasang alat, tunggangan mampu menempuh jarak 48 km/liter. Kemudian pengujian dengan Racelogic, sebelum pakai alat pada jarak 0-60 meter mampu ditempuh dalam waktu 04,2 detik dan jarak 0-100 meter ditempuh 07,5 detik.
Hasil selangkapnya lihat tabel di bawah ini.
Sumber : Otomotifnet.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar