Rabu, 15 Juli 2009

Komparasi HHO vs HCS

Akhirnya tes yang ditunggu tiba juga waktunya. Kemarin, hari Minggu (7/5) bertempat di gedung KompasGramedia dilakukan pengetesan sekaligus terhadap dua alat penghemat bahan bakar yang selama ini banyak dibicarakan baik di milis maupun forum otomotif. Kedua alat yang dimaksud adalah HCS dan HHO.

Pengetesan dilakukan pada dua sepeda motor yang dibawa masing-masing si empunya alat. Team HHO membawa Honda Blade tahun 2009 sedangkan team HCS membawa Honda Supra Fit tahun 2004. Semua motor dalam kondisi standar dan masing – masing alat telah terpasang sebelumnya. Kedua motor ini merupakan pilihan masing – masing peserta tes karena redaksi tidak mensyaratkan motor untuk pengetesan.

Metode pengetesan adalah dengan kondisi diam, karena cara ini dianggap bisa mengabaikan faktor lain seperti kondisi jalan, suhu, bobot pengendara dan lainnya. Tes diam ini menggunakan alat-alat yaitu gelas ukur, stopwatch, tachometer dan sensor panas.

Tes pertama dilakukan tanpa menggunakan alat optimalisasi. Untuk sementara alat dicabut dari masing-masing motor. Berikut adalah hasil catatan waktu yang diperlukan masing-masing motor untuk menghabiskan 10ml Pertamax dalam tiga kondisi putaran mesin, yaitu 1500rpm, 4000rpm dan 7000rpm. Ketiga posisi rpm tersebut disepekati bersama dan dianggap mewakili pengendaraaan saat putaran rendah, menengah dan atas.

Motor Honda Supra Fit 2004 ( kondisi standar )
- 1500 rpm : 5 menit 41 detik
- 4000 rpm : 2 menit 12 detik
- 7000 rpm : 1 menit 6 detik

Motor Honda Blade 2009 ( kondisi standar )
- 1500 rpm : 3 menit 18 detik
- 4000 rpm : 1 menit 15 detik
- 7000 rpm : 45 detik

Setelah itu, kedua motor dipersilahkan memasang alat optimalisasinya masing-masing dan menyiapkan motornya sebaik mungkin untuk dilakukan pengetesan kedua. Metode pengetesan masih sama dengan tes yang pertama. Berikut catatan waktu yang dibutuhkan motor untuk menghabiskan 10ml Pertamax.

Motor Honda Supra Fit 2004 ( kondisi terpasang HCS )
- 1500 rpm : 8 menit 44 detik ( penghematan 53% dibandingkan kondisi standar )
- 4000 rpm : 2 menit 37 detik ( penghematan 18,9% dibandingkan kondisi standar )
- 7000 rpm : 1 menit 7 detik ( penghematan 1,5% dibandingkan kondisi standar )

Motor Honda Blade 2009 ( kondisi terpasang HHO )
- 1500 rpm : 3 menit 14 detik ( penghematan 2% dibandingkan kondisi standar )
- 4000 rpm : 1 menit 21 detik ( penghematan 8% dibandingkan kondisi standar )
- 7000rpm : 45 detik ( tidak ada penghematan )
Hasil yang didapatkan memang sepertinya masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih adanya beberapa masalah yang terjadi di alat optimalisasi. Bagaimanapun, inilah hasil akhir komparasi kedua alat optimalisasi pada dua sepeda motor. Hasil ini bisa didiskusikan lebih lanjut di forum OTOMOTIFNET.

Sumber : Otomotifnet.com

1 komentar:

  1. Bagus juga ulasannya ... coba ada gabungan HCS+HHO .. barangkali jadi 100% iritnya ..

    BalasHapus